Orangtua pun harus amanah

Orangtua pun harus amanahBy Kasori Mujahid

Konsultan Biro Pernikahan dan Keluarga Samara Solo
Seorang muslim yang amanah adalah sosok orang yang bertanggungjawab dan mau melaksanakan apa yang menjadi kewajibannya.

Dalam lingkup keluarga, sepasang suami istri, apalagi yang telah menjadi orangtua dari anak-anak, harus menjadi pribadi yang amanah.Seorang istri yang amanah adalah seorang muslimah yang bisa menjaga harta, kehormatan keluarga dan suaminya. Dia juga wajib menjunjung tinggi kehormatan keluarga itu serta menjalankan kewajiban serta memenuhi hak suami dan anaknya.
Seorang istri juga wajib taat kepada suaminya dalam hal kebajikan, selalu berusaha menyenangkan hati suami, mencari rida suami, berterima kasih atas berapapun harta yang diberikan suami dengan cara bersyukur kepada-Nya. Tak jarang seorang istri juga dituntut untuk memotivasi suami melakukan suatu amal kebaikan, berlaku kasih sayang dan selalu berusaha menjaga kesehatan dan kebugaran tubuhnya sehingga bisa melaksanakan tugasnya sebagai istri dengan baik.

Sedangkan suami yang amanah adalah mereka yang benar-benar mampu menjadi pemimpin dengan segala maknanya. Seorang kepada rumah tangga harus jujur dan terbuka kepada anggota keluarganya

.
Tentu saja dia harus berusaha semaksimal mungkin untuk melaksanakan kewajibannya menafkahi seluruh anggota keluarga, mencari rezeki yang baik dan halal, membimbing istri dan anaknya agar taat kepada Allah dan Rasulullah serta mengizinkan istrinya menuntut ilmu agama.

Orangtua masa kini seharusnya menyadari bahwa tantangan pendidikan anak saat ini sangatlah kompleks. Orangtua lah sosok pendidik anak yang utama. Keluarga menjadi pihak pertama yang berperan dalam pendidikan anak. Oleh karena itu, jangan sampai orangtua hanya mengandalkan guru di sekolah dalam mendidik anak. Karena pertemuan guru dan anak hanya beberapa jam saja di sekolah. Sedangkan pertemuan atau interaksi anak dengan orangtua lebih lama waktunya. – Oleh : ewt

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: